Pengertian DOS dan Fungsi DOS itu Sendiri

Penjelasan Apa itu DOS?

Pengertian DOS dan Fungsi DOS itu Sendiri - DOS merupakan satu bagian yang sangat penting pada komputer. Pada tahun 1980-an DOS menjadi salah satu sistem operasi yang sering digunakan. DOS ini berguna sebagai sistem operasi dengan interface command line. DOS ini sangat penting untuk komputer, sebab DOS berguna sebagai fasilitas booting komputer dan juga berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi pada komputer seperti MS dan juga Lotus. DOS juga menjadi salah satu bagian pada komputer yang berguna untuk mengoperasikan dan mengelola berbagai sumber daya yang terdapat pada komputer. DOS dapat berjalan dan beroperasi dengan diberikan perintah melalui keyboard yang ada pada komputer. Pengguna cukup hanya dengan mengetikan perintah kemudian perintah tersebut akan diterjemahkan oleh 
sistem DOS.

Sebagai contoh misalnya memberikan perintah pada DOS dengan file program seperti .bat, .exe dan lainnya. Nama file ini biasanya juga digabungkan dengan nama file atau parameter program lainnya dan tergabung menjadi satu. Dengan melihat sistem kerja tersebut maka bisa disimpulkan jika DOS adalah sistem operasi yang juga berguna untuk mengelola sistem komputer yang ada 
pada komputer.

fungsi DOS yang harus Anda Ketahui

Beberapa fungsi dari DOS yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

-Untuk mengendalikan atau men-organisasikan kegiatan komputer.
-Untuk mengatur proses-proses input dan output data pada komputer.
-Untuk mengatur memori komputer.
-Untuk management file dan juga directory.
-Dan masih banyak lagi fungsi dari DOS yang masih digunakan sampai saat ini, salah satunya dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada perangkat keras komputer.

Kelas-kelas DOS

Adapun keluarga dari DOS, yang diantaranya terbagi menjadi beberapa macam kelas:

Microsoft Disk Operating System atau di singkat dengan MS-DOS, yang diantaranya Compaq DOS, Tandy DOS, Quick and Dirty Operating System (Q-DOS) dan lain-lain yang termasuk dalam sistem operasi MS-DOS, dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible. IBM PC-DOS atau International Business Machine Personal Computer Disk Operating System, meskipun masih buatan Microsoft, tapi telah diubah sedikit supaya bisa digunakan oleh komputer buatan IBM.Digital Research Disk Operating System atau disingkat dengan DR-DOS, dibuat oleh yang membuat sistem operasi CP/M yaitu Gary Kildall. Novell Personal Netware, yaitu versi DR-DOS (Digital Research Disk Operating System) yang dijual kepada Novell, sebab perusahaan yang menaungi CP/M gulung tikar atau mengalami kebangkrutan. Jadi Novell men-akuisisi Digital Research Incorporated.
Caldera DOS, yaitu versi dari Novell Personal Netwere yang dijual kepada Caldera Corporation.
FreeDOS, dikembangkan oleh komunitas open source. Versi dari DOS ini dibangun berasal dari sisa-sisa perkembangan Caldera DOS.

Sistem operasi DOS yang beredar di pasaran

Adapun DOS yang beredar di pasaran sangat bermacam-macam, diantaranya seperti berikut ini:

-PC atau Personal Computer DOS.
-MS-DOS.
-Macintosh DOS.
-Apple DOS.
-Linux, dan lain-lain.

0 Response to "Pengertian DOS dan Fungsi DOS itu Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel